Kamis, 23 Mei 2013

TAHU SUMEDANG

13583625101506185480


Tahu Sumedang adalah salah satu makanan tradisional di Sumedang. Tahu ini kaya akan protein karena bahan dasarnya berasal dari kacang kedelai yang mengandung protein yang tinggi. Mengkonsumsi protein tentunya sangat baik bagi pertumbuhan badan terutama bagi anak-anak.
Berdasarkan cerita turun temurun, awalnya tahu Sumedang dibuat oleh imigran asal Cina yang lama menetap di Sumedang. Ketika itu Sang Bupati Sumedang sedang berjalan-jalan dan tidak sengaja berjumpa dengan seseorang kakek yang sedang memasak makanan dengan penggorengan besar. Setelah sang kakek menjelaskan bahwa ia sedang memasak tofu yang berasal dari Cina. Kemudian Bupati mencicipi tahu yang dibuat dan berkata tahu ini sangat lezat dan nikmat. Sejak itu tahu Sumedang terus berkembang dan menjadi terkenal sampai sekarang.
Sekarang tahu Sumedang sangat mudah dijumpai dan ditemukan di sepanjang jalan mulai dari gerbang toll Cileunyi hingga kota Sumedang. Harganya yang murah membuat makanan ini menjadi makanan favorit semua orang, dengan uang Rp 500 kita sudah bisa menikmati satu buah tahu sumedang.
Bicara soal rasa? Tidak usah diragukan lagi hehehehe, rasanya berbeda dengan tahu-tahu yang lain, rasanya sudah barang tentu enak. Tahu Sumedang paling enak dimakan saat kondisi panas. Rasanya gurih nan renyah di luar dan lembut di dalam hehehehe. Kurang lengkap rasanya jika makan tahu Sumedang tanpa cabe rawit (cengek) hehehehe. Jika tidak suka pedas, bisa juga dicocol dengan saus merah yang tidak begitu pedas. Kalau makan tahu ini dirasa kurang mengenyangkan, bisa juga ditambah dengan lontong nasi sebagai temannya, dijamin makan satu lontong saja pasti kenyang hehehehe.
Hal yang unik dari tahu ini, jika dibawa pulang, bungkusnya berupa keranjang yang terbuat dari anyaman bambu, jadi boleh dikatakan bungkusnya ramah lingkungan juga hehehehe. Tapi kalau kami biasanya langsung “bantai” di tempat, nggak nunggu-nunggu lagi hehehehe.
Kalau ke Sumedang, pastikan nyoba tahu Sumedang ya, kalau nggak  nyoba dijamin rugi deh hehehehe. Sekian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll